Blog Tentang Informasi Tutorial Desain Web Dan Info Terkini

JIKA GAJI KITA TIDAK CUKUP UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP




Apa yang harus harus kita lakukan jika gaji kita kecil tetapi pengeluaran besar ??

"Besar Pasak daripada tiang"


Tentu sangat merugi jika hal ini dibiarkan ber larut larut, siapa sih yang mau kehidupan kita terlilit oleh hutang, jawabanya Pasti Tidak akan ada yag mau.

Apakah Anda pernah mengalami kondisi dimana gaji tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan keluarga, atau saat ini Anda sedang mengalami hal tersebut, kebutuhan rutin keluarga yang sebagian besar adalah kebutuhan pokok tidak mungkin untuk dihindari, tapi apa daya jika gaji benar-benar tidak cukup untuk itu?

Berikut saya paparkan beberapa tips,

1. Mencari tambahan penghasilan

Secara logika cara ini memang benar, pendapatan bertambah, maka kekurangan untuk biaya rutin keluarga akan terpenuhi. Akan tetapi cara ini bukanlah cara yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi jika saat ini Anda sudah sibuk bekerja tiap hari sampai sore atau bahkan dari subuh sampai malam, sehingga tidak ada waktu lagi untuk mencari tambahan uang. Tetapi cara ini juga jangan dibuang begitu saja, cara ini lebih tepat untuk jangka panjang.




2. Menyelamatkan kondisi keuangan rumah tangga Anda saat ini.

Cara ini adalah dengan melakukan pengecekan terhadap penggunaan uang Anda saat ini. Lalu apa yang dicek, sekarang aja sudah berhemat tapi masih kekurangan. Iya, betul, semua orang dapat mengakui bahwa dia berhemat, tapi jika ditanya apa saja yang dihemat dan berapa besar penghematan diperoleh, mereka akan kesulitan menjawab, kenapa demikian, karena kebanyakan dari mereka tidak benar-benar berhemat, atau tidak benar-benar menghitungnya, sehingga hemat yang dimaksudkan hanya dari mengira-ngira saja.


Saya ingin mengajarkan bagaimana kita berhemat tapi pada tempatnya tanpa mengesampingkan kebutuhan-kebutuhan untuk kenyamanan kita sendiri.

Untuk melakukannya yang harus Anda lakukan adalah mencatat semua pengeluaran yang biasa Anda lakukan.
Kurangi Gaya Hidup, Seperti Membeli Mobil, Motor, Hp, Fashion Branded dll.

Saya ingatkan jangan kurangi pengeluaran untuk makan anda : 
Kadang orang salah tafsir, cara mengatasi berhemat adalah PUASA,  pengertian Puasa itu bukan berhemat, puasa itu adalah menahan & melatih diri untuk sabar.

Yang harus kita kurangi adalah seperti, pembelian pulsa, jalan jalan, dll yang memungkinkan diri kita menjadi boros.

Gaji akan Cukup Jika dengan Cermat Mengelola Keuangan

Setiap bulan, selalu saja merasa gaji yang diterima tidak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan. Jika gaji kecil, tampaknya wajar saja bila banyak hal yang tidak bisa dipenuhi. Alih-alih bisa merasa sejahtera, tidak mengalami defisit dan ‘gali lubang tutup lubang’ saja sudah untung.




Namun berbeda halnya bila sebenarnya gaji yang diterima sudah cukup lumayan, terlebih lagi bila jumlahnya besar. Selain bisa memenuhi kebutuhan pokok, tentunya juga ada uang lebih untuk sesuatu yang lain. Namun tak jarang meski gaji sudah besar, tapi rasanya tetap saja kekurangan uang menjelang akhir bulan. Nah, kondisi seperti ini menunjukkan bahwa ada yang salah dalam pengelolaan keuangan Anda.

Bijak dalam mengelola keuangan pribadi dengan tahu alasan-alasan di atas adalah sumber dari kecukupan keuangan dari gaji setiap bulannya. Selain itu, juga akan menghindarkan diri dari stres yang mengganggu kesehatan yang ujungnya akan mengganggu keuangan bisa sakit.

Untuk itu mulailah dengan cermat menggunakan gaji bulanan Anda bila tidak ingin selalu kesulitan tiap akhir bulan. Sehingga gaji bulanan pun akan terasa menjadi suatu hal yang patut disyukuri.

Beberapa Penyebab Penghasilan Tidak Pernah Cukup

1. Menganut Gaya Hidup Yang Di Luar Kemampuan

Gaya hidup yang di luar kemampuan finansial kita cenderung menjadi sumber dari hampir semua masalah keuangan dalam rumah tangga.

Sifat boros akan membuat kita membelanjakan uang di luar anggaran dan mengakibatkan defisit pada anggaran keuangan keluarga.

Di samping itu, kita juga perlu mewaspadai sejumlah pos pengeluaran yang jumlahnya melampaui kebutuhan, seperti tagihan telepon yang membengkak, busana dan aksesoris barang-barang elektronik yang tidak jelas esensinya, serta hadiah maupun sumbangan-sumbangan lingkungan.

Sebenarnya Anda boleh percaya atau tidak, banyak biaya dari pos pengeluaran tersebut bukanlah hal yang wajib.

Seperti membicarakan hal-hal yang kurang penting di telepon sehingga membuat tagihannya membengkak, atau setiap sebulan sekali membeli baju baru yang sebenarnya masih banyak baju-baju lama yang bagus dan bisa dipakai kembali.

2. Terjebak Hutang Yang Bunga-Berbunga

Tagihan kartu kredit yang disetorkan pada waktu minimal saja sudah membuat tagihan Anda membengkak, apalagi kalau Anda sampai terlambat membayarnya, tentu akan ada pula biaya keterlambatan.

Terkadang kita juga di nina bobokan oleh iming-iming barang kreditan dengan angsuran ringan. Tanpa kita sadari, banyaknya barang kreditan yang kita ambil membuat pengeluaran bulanan Anda jadi kian bengkak.

Sama halnya dengan benda-benda yang menggunakan sistem angsuran dalam hutang jangka panjang, seperti kredit sepeda motor, mobil atau rumah.

Seringkali orang memaksa untuk mengambil kredit dengan jangka waktu yang lebih pendek namun angsuran besar, dengan tujuan agar hutang bisa cepat lunas.

Akibatnya, pengeluaran untuk semua cicilan hutang bulanan kita jadi terlalu besar, dan mengakibatkan kebutuhan rumah tangga lainnya tidak lagi tercukupi oleh penghasilan yang kita dapatkan tiab bulannya.

3. Adanya Berbagai Pengeluaran Yang Di Luar Rencana

Pengeluaran yang di luar rencana ini misalnya sumbangan teman hajatan, membeli hadiah untuk seseorang yang ulang tahun, atau ketika ada saudara dekat yang mohon dipinjami uang.

Walaupun frekuensinya hanya sesekali, namun hal ini juga dapat membuat pengeluaran untuk kebutuhan penting lainnya jadi tak ter-cover.



Demikianlah posting kami tentang JIKA GAJI KITA TIDAK CUKUP UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP 
Semoga posting kali bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan Anda di masa depan.

Coming Soon Cara Mengatasi JIKA GAJI KITA TIDAK CUKUP UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP

Silahkan Tinggalkan komentar di bawah : ..............................
Tag : INFO TERKINI
0 Komentar untuk "JIKA GAJI KITA TIDAK CUKUP UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP"

INFO NEWS UPDATE

loading...
Back To Top