Blog Tentang Informasi Tutorial Desain Web Dan Info Terkini

Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

Untuk selengkapnya, silahkan simak tips langkah-langkah memulai bisnis online shop reseller untuk pemula berikut ini :

1. Siapkan kelengkapan 

Langkah pertama yaitu menyiapkan PC / komputer atau laptop dan koneksi internet. Hal ini wajib dipenuhi sebagai modal awal memulai bisnis online shop.

2. Memilih produk yang kita jual

Bicara bisnis berarti bicara produk apa yang kita tawarkan kepada calon pembeli. Apabila produk yang kita tawarkan banyak menarik perhatian dan minat calon pembeli maka tentu bisnis kita akan sukses. Begitupun sama halnya dalam menjalankan bisnis online shop reseller. 

Banyak produsen penyedia program reseller atau dropship yang menawarkan produk-produk menarik dan tentunya banyak dicari pengguna internet. Ada berbagai produk dari berbagai passion dapat anda temukan di internet, misalnya saja fashion seperti baju muslim, baju distro, baju batik, atau pada passion elektronik seperti smartphone samsung, iphone dan asus, atau pada passion kesehatan seperti obat herbal, obat peninggi badan, obat pelangsing badan, dan masih banyak lagi passion bisnis lainnya di internet.

Produk-produk diatas memiliki sangat banyak peminat di internet yang beberapa diantaranya rutin berbelanja online. Dan tentunya dengan strategi pemasaran yang baik akan membawa puncak kesuksesan sebuah bisnis online shop. Jadi pilihlah produk yang memiliki banyak peminat.

3. Mencari mitra kerjasama reseller

Hebatnya dalam berbisnis online itu tidak harus membuat dan menjual produk buatan sendiri. Kita bisa bekerjasama dengan orang lain / perusahaan yang juga mencari mitra untuk menjualkan produknya, atau dengan kata lain produsen / perusahaan yang menyediakan program dropship. Dengan kata lain dalam bisnis online shop reseller disini maksudnya kita menawarkan dan menjual produk orang lain. 

Lalu bagaimana cara memperoleh keuntungan dari bisnis reseller? yakni dengan meninggikan harga. Misalnya pada sebuah contoh kasus, produsen produk fashion baju muslim menawarkan harga satuan Rp. 100 ribu untuk pembeli biasa dan Rp. 80 ribu untuk pembeli reseller. Maka sebagai reseller disini kita bisa menjual seharga Rp. 100 ribu di website toko online kita dan mendapat keuntungan Rp 20 ribu untuk tiap potong baju muslim yang berhasil kita jual. Atau bahkan sah-sah saja apabila kita menjualnya di toko online kita lebih mahal dibanding harga yang ditawarkan produsen untuk pembeli biasa.

Maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yakni mencari produsen atau mitra kerjasama yang menerima sistem reseller atau dropship. Anda bisa mencarinya di artikel ini Daftar 30 Toko Online Yang Menerima Dropship & Reseller.

Nah salah satu toko online penyedia program reseller terpercaya di Indonesia yg sangat saya rekomendasikan untuk anda mendaftar menjadi reseller yakni SUPPLIER.ID 

4. Membuat website toko online

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa toko online adalah toko visual untuk menampilkan display produk yang anda jual, ini sama halnya dengan toko fisik pada bisnis online. Jadi buatlah toko online dengan desain dan tampilan semenarik mungkin.

Selain membuat toko online secara berbayar melalui website share hosted dengan domain dan hosting berbayar. Apabila anda pebisnis yang tidak memiliki cukup modal atau sekedar berkeinginan belajar memulai bisnis online shop dengan cuma-cuma tanpa modal, maka anda bisa mencoba memulai bisnis online shop tanpa modal dengan membuat toko online berbasis platform blogger. Blogger adalah situs web 2.0. yang bisa anda manfaatkan untuk membuat blog gratisan.

Artikel terkait : Cara Membuat Toko Online

Nantinya alamat URL blog toko online anda akan menggunakan subdomain seperti bisnisbajuonlineshop.blogspot.com , ini dirasa kurang baik untuk sebuah website toko online. Untuk meyakinkan pengunjung melakukan pembelian maka sebaiknya anda menggunakan top level domain (TLD) .com, jadi alamat url website toko online anda akan menjadi www.bisnisbajuonlineshop.com. 

Nah untuk menggunakan domain www.namabisnis.com pada blogger maka anda bisa menerapkan blog custom domain. Berikut adalah artikel tentang Cara Menggunakan Custom Domain .com di blogspot

5. Mendatangkan pengunjung / traffic 

Berbicara toko online tentu sangat berkaitan dengan pengunjung website yang nantinya akan menjadi pembeli produk anda. Toko online berfungsi untuk menarik perhatian pelanggan, dimana pada bisnis internet untuk menarik perhatian pelanggan yaitu caranya dengan mendatangkan traffic. Semakin banyak traffic maka akan semakin besar persentase kemungkinan konversi penjualan produk pada webiste toko online kita. 

Pengunjung situs sendiri dapat datang dari berbagai cara, namun yang paling potensial mendatangkan banyak pengunjung hingga 80 % sekaligus yakni pengunjung yang berasal dari traffic organic dari mesin pencari Google dan beberapa persen pengunjung referral dari social media seperti facebook, twitter dan google plus. 

Kita bisa melakukan berbagai upaya untuk mendatangkan pengunjung. Silahkan simak selengkapnya cara meningkatkan traffic website.

6. Melakukan konversi penjualan 

Konversi penjualan adalah bagian terpenting dalam upaya menjadikan pengunjung website menjadi pembeli. Kebanyakan pebisnis online shop gagal pada tahap ini, mereka mampu menjaring banyak pengunjung, tapi gagal menjadikan pengunjung menjadi pembeli. 

Sebaiknya dalam menjual produk di toko online itu anda mencantumkan detail produk, harga, metode pembayaran, dan cara konfirmasi pembayaran, selengkap-lengkapnya. Sebab apabila tidak mencantumkan hal-hal tersebut akan menimbulkan kecurigaan pengunjung tentang keaslian produk. Karena dalam kasus tertentu ada juga pengunjung yg tidak jadi membeli dikarenakan tidak adanya detail metode pembayaran. Hal ini tentu menyia-nyiakan upaya kerja keras kita dalam meningkatkan penjualan.

Cukup sekian 6 hal diatas yang harus anda pahami. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memulai bisnis online shop anda. Jika dirasa artikel ini bermanfaat mohon bagikan artikel ini ke social media, dan apabila ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Adapun jika anda sudah terjun menyelami bisnis reseller terlebih dahulu, saya harap anda juga bisa berbagi pengalaman dalam mengembangkan bisnis online shop anda melalui kolom komentar dibawah ini.

Tag : INFO TERKINI
0 Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula"

INFO NEWS UPDATE

loading...
Back To Top