Blog Tentang Informasi Tutorial Desain Web Dan Info Terkini

Takut Kepada Alloh Ta'ala


Ada hadist-hadist dari Nabi Saw. bahwa beliau saw. bersabda:
" Sesungguhnya Alloh Ta'ala menciptakan : mereka memilik sayap yang lebarnya seluas dunia timur, dan sebelahnya lagi seluas dunia barat. Kepalanya berada dibawah arsy, kedua kakinya dibumi yang ketujuh, dan mereka memiliki bulu sebanyak makhluk Alloh Tangala.
Apabila dari umatku laki laki maupun erempuan membaca sholawat kepadaku, maka Alloh memerintah malaikat menyelam kelautan cahaya yang letaknya dibawah arsy, malaikat itu kemudian muncul lagi dan mengibas sayapnya, maka keluarlah percikan percikan dari bulu malaikat, dan Alloh menciptakan dari setiap percikan air menjadi malaikat lagi. Dan malaikat itu, memintakan ampun bagi orang yang membaca sholawat sampai hari kiamat”.

Kata sebagian ahli hikmah: selamatnya tubuh terletak pada sedikitnya makan, selamatnya ruh terletak pada sedikitnya dosa, dan selamtnya agama terletak pada membacanya sholawat kepada sebaik-baiknya makhluk yakni Nabi Muhammad Saw.

Alloh Ta’ala berfirman:
“ Wahai orang orang beriman bertakwalah kepada Alloh”
Maksudnya kalian harus memiliki rasa takut kepda Alloh, dan hendaklah setiap nafsu memperhatikan apa yang diajukan kelak:’

Maksudnya engkau memiliki perbuatan bagus apa yang akan dibuat bekal hari kiamat, misalnya pahala sedekah , amal saleh berbuat taat untuk diambil nanti di akherat.

Firman Alloh:
“bertaqwalah kepada Alloh, Sesungguhnya Alloh Ta’la Maha mengetahui apa apa yang kalian kerjakan”.
(QS 59 Al Hasyr ; 18)

Yajni dari perbuatan kebajikan : sebab para malaikat , bumi, langit, siang dan malam, semua menyaksikan apa yang dikerjakan oleh anak cucu adam as dari segi kejahatannya , kebajikan, ketaatan, atau kemaksiatan. Sampai sampai seluruh anggota tubuhnya sendiri menyaksikan apa yang diperbuat.

Bumi menjadi saksi buat orang mukmin dan zuhud, bumi tersebut berkata , ‘ Dia telah membaca sholawat , puasa, haji, dan sebagai seorang pejuang, yang kesemuanya melebihi aku”

Bergembiralah hati orang mukmin dan hati orang zuhud
Bumi itupun menjadi saksi buat orang kafir, ahli maksiat, dan berkata “dihadapanku di atasku mereka mengerjakan kemusyrikan , zina, mabuk-mabukan dan memakan barang haram. Maka celakalah mereka kelak pada hari perhitungan amal tepat dihadapan dzat Yang Maha Belas Asih”

Orang mukmin adalah orang yang takut kepada Alloh ta’ala, dengan menjaga semua anggota tubuhnya. Sebagaimana yang pernah dikatakan Abul Laits : Orang yang takut kepada Alloh terlihat tanda pada 7 macam:

1.      LIdahnya
Dicegah mengatakan hal yang bohong menggunjing, adu domba dan kemudian menyibukan dzikir

2.Hatinya
Tidak akan mengeluarkan perasaan permusuhan , kebohongan, kedengkian, dengki dan hasud merupakan penyakit hati yang parah , dimana penyakit itu tidak bisa disembuhkan kecuali dengan ilmu dan amal”
  
3.      Pandangan
Tidakakan memandang hal hal yang haram, juga memamndang dunia tidak berdasarkan kesenangan, melainkan memandangnya sebagai pelajaran.
  
4.      Perut
 Tidak akan memasukan barang haram kedalam perutnya. Sabda Nabi Saw:
Bilamana Satu suapan barang haram masuk kedalam perut anak adam maka setiap malaikat dibumi dan dilangit, melaknati selama sesuap masih dalam perutnya. Bila dalam keadaan itu mati Maka ia masuk neraka jahannam. 
5.      Tangan
Tidak akan menjamah barang barang haram , kecualai mengambil yang bisa menambaah ketaatan kepada Alloh Swt. 
  
6.      Kaki
Tidak akan dibuata berjalan kea rah kemaksiatan , justru berjalan yang bisa membuat ia semakin taat dan ridho, yakni berkumpu; dengan para ulama dan orang soleh.


7.Taat:
Sikap taatnya murni ikhlas karena Alloh  Ia takut diselipi sikap riya dan munafik, dan ketika dia melakukan hal seperti itu. Maka Alloh berfirman



“ sesungguhny orang yang bertakwa berada pada tempat yang aman” (QS 44 Ad Dukho : 51)
Tag : RELIGI
0 Komentar untuk "Takut Kepada Alloh Ta'ala"

INFO NEWS UPDATE

loading...
Back To Top