Blog Tentang Informasi Tutorial Desain Web Dan Info Terkini

Antara Sholat Syariat dan Sholat Thariqoh

bismillahirrohmanirrohim...

Sholat syariah...
Anda sudah tahu ayat " peliharalah sholat-sholat (Albaqoroh : 238)
yang disana tentu ada rukun rukun sholat secara lahiriah dengan gerakan gerakan jasmani, seperti berdiri, ruku, sujud dll... peliharalah.

Sedangkan sholat tariqoh adalah
sholatnya qolbu, yaitu sholatnya qolbu, sholat yang di abadikan. dalam ayat itu berlanjut, " dan sholat yang ditengah disebut sholat wustho".
yaitu sholtnya qolbu, karena qolbi itu diciptakan posisinya di te
ngah. antara kanan dan kiri, antara bawah dan atas, antara bahagia dan sengsara, 

Seabagaimana Sabda Nabi SAW " Qolbu berada di antara 2 jemari dan jemari jemari Ar-rahman, dimana Alloh membolak balikannya semaunya ( Hr Muslim dan dikutip Alghozali dalam Al ihya)

Yang dimaksud dengan dua jemari adalah dua sifatnya. Al Qahr (YAng Maha Memaksa)Dan Al Luthf (Yang Maha Lembut)Seaba Alloh maha suci dari jemari jemari. MAka jadi jelas ayat trsebut jadi sholat qolbu . Apabila sholat qolbu rusak mka sholatnya pun rusak, termasuk sholat jasmani, sebagaimana hadist nabi SaW. " Tidak ada sholat melainkan hati yang hadir kpd Alloh "

Orang yang sholat bermunajat kpd Tuhannya, dan tempat munjat itu Qolbu ( HATI). Jika hatinya Alpa, maka rusak pula sholatnya. Hati adalah pokoknya dan yang lain adalah pengikutnya , Hadis Nabi SAW " Ingatlah 'sebenarnnya dalam jasad itu ada segumpal daging, apabila dia bagus maka bagus pula jasadnya, maka jika dia rusak, maka ruak pula seluruh jasadnya. ingatlah daging itu adalah qolbu (HR Bukhori)

Sholat syariat itu ada waktunya setiap hari dan malam. lima kali. Disunnahkan berjama'ah dimasjid dan harus menghadap ka'bah. mengikuti iman tanpa ada ikap pamer dan popularitas.

Sekangkan sholat tariqot itu adalah dzikrulloh sepanjang hidup. Masjidnya adalah qolbunya. Jamaahnya adaalah sekumpulan sekumpulan kekuatan batin. untuk sibuk terus menerus untuk mengingat nama Alloh, dan mentauhidkan Alloh dengan lisan batin. Imammnya adalah rasa rindu dalam spirit qolbu (fuad)

Dan kiblatnya adalah Al Hadrah Al HAdiyah (Manunggal Hamba dengan ke esaannya) dan keindahan ShomadiyahNya. itulah kiblat hakikat.

Qalbu dan ruh sibuk dgn sholat tariqot ini sepanjang zaman. Karena Qolbu tidak mati dan tidak tidur, ia sibuk dengan tidur dan jaga dengan kehidupan qolbu. tanpa suara tanpa berdiri dan tanpa duduk. itulah yang disebut oleh Alloh SWT " Hanya kepadamu kami menyembah dan hanya kepadamu kami memohon pertolongan ( Alfatikhah ayat 5 )



Dalam tafsir Al Baidhowi, Anwarut Tanzil wa asdorut Ta'wil, beliau mengatakan, " dalam ayat tersebut ada isyarat bagi orang yang makrifat kpd Alloh dan transformasinya dari kondisi dimana ia tidak hadir jiwanya menjadi hadir di hadapan Alloh Ta'ala. Maka ia berhak mendapatkan tugas ini.

Sebagai sabda Rosul SAW " Para nabi dan para wali senantias sholat dalam kuburnya sebagaimana mereka sholat dirumah rumah mereka ".

Maksudnya mereka terus sibuk bersama Alloh dan bermunajat bagi kehidupan qolbunya. Bila sholat bsyariat dan toriqot telah terpadu lahir dan batin , maka sempurnalah sholatnya, dan mendapatkan pahala yang agung dengan takarub dengan alam ruhaninya. dan dia meraih derajat jasmainyah, lalu si hamba menjadi seorang A'bid secar dzohir dan arid secara batin.

Jika seseorang tidak berhasil sholat toriqoh denagn hati yang hidup, maka dia tergolong tidak sempurna. dan pahalanya tidak sampai pada derajat taqarrub kpd Alloh SWT.
Tag : RELIGI
0 Komentar untuk "Antara Sholat Syariat dan Sholat Thariqoh"

INFO NEWS UPDATE

loading...
Back To Top