Blog Tentang Informasi Tutorial Desain Web Dan Info Terkini

PEMROGRAMAN ANDROID

1. Lingkungn pengembngn android.
ngin membuat sebuah aplikasi untuk Android ? Jika iya, maka langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu mempersiapkan lingkungan pengembangan pada komputer kita. Sebelum mulai menginstall Android SDK dan teman-teman-nya, pastikan dahulu bahwa SUN JDK 1.6 sudah terinstall pada komputer kita dan pastikan juga variabel $JAVA_HOME mengarah pada direktori SUN JDK yang sebenarnya. Jika sudah, sekarang mari kita bahas satu persatu mempersiapkan lingkungan pengembangan Android yang kurang lebih seperti dibawah ini :
1. Installasi Android SDK
2. Installasi Plugin Android Development Tools (ADT) Pada Eclipse 3.5.2 (Galileo) Classic
3. Konfigurasi Plugin ADT Pada Eclipse 3.5.2 (Galileo)
Masih tertarik ingin membuat sebuah aplikasi untuk Android ? Jika iya, mari kita lanjutkan pembahasan-nya lebih detail lagi seperti dibawah ini :

1. Installasi Android SDK

Untuk menginstall Android SDK, silahkan mengunjungi alamat http://developer.android.com/sdk/index.html dan download-lah yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Jika menggunakan GNU/Linux, caranya adalah sebagai berikut :
2. martinus@martinusadyh:[~]$ wget -c http://dl.google.com/android/android-sdk_r06-linux_86.tgz
3. --2010-08-29 05:23:06-- http://dl.google.com/android/android-sdk_r06-linux_86.tgz
4. Resolving dl.google.com... 64.233.181.190, 64.233.181.91, 64.233.181.93, ...
5. Connecting to dl.google.com|64.233.181.190|:80... connected.
6. HTTP request sent, awaiting response... 200 OK
7. Length: 16971139 (16M) [application/x-tar]
8. Saving to: `android-sdk_r06-linux_86.tgz'
9.
10. 100%[================================================================================================================================>] 16,971,139 73.5K/s in 4m 16s
11.
12. 2010-08-29 05:27:23 (64.8 KB/s) - `android-sdk_r06-linux_86.tgz' saved [16971139/16971139]
13.
14. martinus@martinusadyh:[~]$
15. Proses download sudah selesai, sekarang ekstrak pada direktori yang diinginkan (jika menggunakan windows bisa diekstrak pada C:\> atau /home/[nama-user] jika menggunakan GNU/Linux) yang nantinya akan membuat sebuah direktori seperti C:\android-sdk-windows_86 di Windows atau /home/[nama-user]/android-sdk-linux_86 jika menggunakan GNU/Linux.
16. Jika proses ekstrak sudah selesai, sekarang downloadlah Android Component dengan cara masuklah pada direktori >/home/[nama-user]/android-sdk-linux_86/tools melalui terminal dan jalankan perintah android seperti dibawah ini :
17. martinus@martinusadyh:[~]$ cd android-sdk-linux_86/tools/
18. martinus@martinusadyh:[~/android-sdk-linux_86/tools]$ android
19. Starting Android SDK and AVD Manager
20. No command line parameters provided, launching UI.
21. See 'android --help' for operations from the command line.
22. Setelah kita mengetikkan android pada terminal, maka tidak lama akan muncul Android SDK and AVD Manager. Untuk menginstall dan menambahkan komponen, sekarang pilihlah menu Available Packages dan pilihlah semua opsi yang terdapat pada menu sebelah kanan seperti gambar dibawah ini :
Kemudian tekanlah tombol Install Selected dan pilihlah opsi Accept All pada dialog Choose Packages to Install setelah itu baru tekan tombol Install seperti dibawah ini

• Tunggu sampai proses download selesai dan jika sudah proses installasi Android SDK ini bisa dikatakan sudah selesai. Sekarang mari kita lanjut ke tahapan selanjut-nya
• Installasi Plugin Android Development Tools (ADT) Pada Eclipse 3.5.2 (Galileo) Classic

Karena ADT ini merupakan sebuah plugin pada Eclipse, maka pastikan dahulu anda menginstall Eclipse yang sesuai yaitu Eclipse 3.5.2 (Galileo) Classic yang bisa kita download dari http://www.eclipse.org/downloads/. (Aneh kenapa plugin ADT ini tidak jalan ya di Eclipse Helios versi EE ??? Ada yang sudah pernah mencoba di Helios ???) Jika proses installasi Eclipse sudah selesai, sekarang installah plugin ADT ini dengan cara pilihlah menu Help > Install New Software dan masukkanlah alamat https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ pada field Work with kemudian tekan ENTER dan tunggulah beberapa saat sampai muncul plugin Developer Tools dan berilah tanda centang seperti dibawah ini :

Installasi Plugin ADT Pada Eclipse
Tekanlah tombol Next hingga plugin Android Development Tools ter-install pada Eclipse kemudian restartlah Eclipse agar plugin Android Development Tools dapat segera digunakan

Jika proses installasi plugin ADT diatas mengalami masalah seperti dibawah ini :
Cannot complete the install because one or more required items could not be found.
Software being installed: Android Development Tools 0.9.7.v201005071157-36220 (com.android.ide.eclipse.adt.feature.group 0.9.7.v201005071157-36220)
Missing requirement: Android Development Tools 0.9.7.v201005071157-36220 (com.android.ide.eclipse.adt.feature.group 0.9.7.v201005071157-36220) requires ‘org.eclipse.gef 0.0.0′ but it could not be found
Maka cara pemecahan-nya yaitu install-lah dahulu plugin WST Server Adapters dengan cara pilihlah menu Help > Install New Software dan masukkanlah alamat http://download.eclipse.org/releases/galileo/ pada field Work with kemudian tekan ENTER tunggu sampai menampilkan daftar plugin lalu ketikkan WST Server Adapters pada field Type Filter Text

Installasi Plugin WST Server Adapters Pada Eclipse
Jika sudah selesai, restartlah Eclipse-nya dan lanjutkan untuk menginstall plugin ADT


• Sampai disini proses installasi Plugin sudah bisa dikatakan selesai
• Konfigurasi Plugin ADT Pada Eclipse 3.5.2 (Galileo)

Jika proses installasi plugin ADT berjalan dengan lancar, maka langkah selanjutnya yaitu menentukan lokasi Android SDK dengan cara pilihlah menu Window > Preferences dan pilihlah menu Android pada panel sebelah kiri seperti gambar dibawah ini :

Pada jendela Preferences diatas, tekanlah tombol Browse dan arahkan pada tempat dimana kita menginstall Android SDK kemudian tekanlah tombol Apply hingga tampilannya seperti gambar dibawah ini :

Jika sudah sekarang mari kita konfigurasi Android Virtual Device (ADV) melalui menu Window > Android SDK and ADV Manager seperti gambar dibawah ini :

Pada dialog Android SDK and ADV Manager tekanlah tombol New pada panel sebelah kanan dan isikan Nama Virtual Device serta pilihlah versi Android yang ingin di simulasikan pada field Target seperti dibawah ini setelah itu tekanlah tombol Create AVD :

Proses installasi Android SDK dan konfigurasi plugin ADT pada Eclipse sudah selesai, nah sekarang untuk mengetest apakah hasil installasi ini berjalan dengan sukses atau tidak. Cobalah untuk membuat sebuah project baru yang berbasis pada direktori [android-sdk-home]/samples/, dan jika tidak ada masalah maka kita akan dapat menjalankan salah satu project samples seperti dibawah ini :

Nah setelah perlengkapan perang kita sudah siap, sekarang waktu-nya untuk mempelajari lebih dalam lagi bagaimana membuat sebuah aplikasi untuk Android Sekarang, waktu-nya untuk belajar dahulu ya teman-teman :senyum:



Cara Install Aplikasi dan Game di Handphone Android
Cara Install Aplikasi dan Game di Ponsel Android - TIps kali ini mengulas tentang Cara Install Aplikasi dan Game di Handphone/HP Android, Astro File Manager merupakan aplikasi file manager untuk Android seperti Explorer di Windows yang berfungsi untuk mengelola gambar, musik, video dan file lain pada perangkat Android. Anda bisa mendapatkan akses ke kartu SD Anda dengan mudah dari File Manager Anda melalui Astro File Manager.

Dengan aplikasi Astro File Manager, kita jadi lebih mudah untuk menyalin, memindahkan, mengubah nama, menghapus atau mengirim file pilihan Anda. Selin itu, dengan aplikasi ini kita juga bisa dengan mudah melakukan instalasi aplikasi atau game di ponsel Android.
Untuk menginstall aplikasi atau game di ponsel Android menggunakan Astro FIle Manager, silahkan ikuti langkah-langkah Cara Install Aplikasi dan Game di Handphone/HP Android berikut ini:
• Download aplikasi atau game dari PC
• Copy file .apk (file instalasinya extensinya apk) dari PC ke HP (sebaiknya ke memory card di folder /sdcard)
• Download aplikasi Astro File Manager (gratis)
• Selesai itu install, lalu jalankan aplikasi Astro File Manager
• Masuk ke folder tempat menyimpan file instalasi tadi (kalau download dari android biasanya ada di folder /sdcard/download)
• Klik file apk yang dimaksud dan akan muncul pop-up lalu pilih “open app manager”
• Klik “install” dan ikuti langkah selanjutnya, jika muncul pop-up “its blocked from installing” masuk ke menu “Setting” dan uncheck “Unknown Application”.


Kelebihan android
Inilah Alasan Android 2.2 Froyo Bikin Cemas Apple

ANDROID 2.2 ternyata sanggup membuat Apple sedikit cemas. Ya, OS berlogo robot hijau ini memang menjadi ancaman besar bagi Apple, terutama OS Froyo ini. Berikut ini simak 10 alasan mengapa Apple ketakutan dengan OS Android 2.2. Informasi ini dilansir CyberNews dari eWeek:

1. Terbukti dari hasil ujinya, performa Android 2.2 Froyo lebih cepat dari iOS 4 termasuk saat menjalankan aplikasi bawaan ponsel.

2. Berkat dukungan Flash, Android 2.2 Froyo sanggup menampilkan video dan game, langsung dari browser ponsel.

3. Android 2.2 Froyo dibekali dukungan Microsoft Exchange yang mengungguli Apple dengan dukungan Google-nya. Terbukti, Android 2.2 Froyo dilengkapi dengan calendar synchronization, remote wipe, auto-discovery dan beberapa fitur Exchange lainnya.

4. Dengan OS Android 2.2 Froyo, memungkinkan ponsel memiliki koneksi Internet super cepat secara nirkabel hingga 10 perangkat.

5. Android 2.2 Froyo memudahkan pengguna menginstal aplikasi langsung, semacam fitur Android Market, ke penyimpanan kartu SD, sehingga bisa langsung diakses meski dipindahkan ke ponsel lain.

6. Engadget pernah menguji kelayakan browser Android 2.2 Froyo, dan memang dari segi kecepatan dan performanya sangat unggul dibanding browser bawaan Nexus One VS Safari dengan iOS 4-nya.

7. Android 2.2 Froyo mendapat dukungan dari produsen ponsel raksasa, semacam HTC, Motorola, Samsung, dan Sony Ericsson.

8. OS ini dipercaya sebagai solusi bisnis perusahaan yang baik, setidaknya Google mengakui itu. Meski belum terbukti kehebatannya, namun Android 2.2 Froyo telah mengungguli iPhone 4 lewat fitur push for corporate customers.

9. Dalam segi desain, Adnroid 2.2 Froyo selalu melakukan peningkatan tampilan dari generasi-generasi sebelumnya. Meski tidak drastis tetapi setidaknya memiliki kemajuan dan semakin mendekati tampilan iOS 4.

10. OS Android 2.2 Froyo dinanti banyak produsen ponsel. Karena dengan basis platform yang unggul, telah menyingkirkan keraguan para vendor untuk memakainya, salah satunya Dell.

Sepuluh alasan yang masuk akal, tentu saja, apalagi iPhome 4 dan iOS 4 sedang dihantam banyak masalah saat ini. Inilah saat yang tepat bagi Android 2.2 Froyo untuk mengambil alih, dan menampung banyak konsumen yang beralih dari iPhone.


Memahami struktu directory android
Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana membuat project aplikasi android, pada kesempatan kali ini akan membahas struktur dari project aplikasi android yang secara otomatis dibuat ketika membuat project.
Ada 4 directory utama pada project Android yaiut :
1. src berisikan source code dari aplikasi yang dibuat.
2. gen berisikan class Resource yang digenerate secara otomatis oleh ADT berfungsi untuk menghubungkan dengan resource .
3. assests berisi file milik pengguna sebaga media penyimpanan seperti librarry, database atau file-file pendukung lainya.
4. res berisi gambar atau image dan data xml seperti anim, color, drawable, layout, menu, raw, values, xml.

Dalam project aplikasi Android terdapat file Androidmanifest.xml file ini sangat penting karena berisi mengenai semua informasi dari project itu sendiri seperti
• Nama paket dari aplikasi seperti API level, versi aplikasi, nama versi, dll.
• Daftar komponen dari aplikasi ( activity, service, intent receivers, content receivers, dll)
• Mendeklarasikan permission yang diperlukan oleh aplikasi untuk mengakses API framework android atau sensor device.
• Mendeklarasikan permission untuk aplikasi lain yang diperlukan untuk berinteraksi dengan aplikasi ini
• Daftar libraries yang diperlukan
perlu diperhatikan semua informasi mengenai aplikasi tersipan dalam file manifest, setiap penambahan activity juga harus di informasikan dalam manifest supaya bisa digunakan ketika aplikasi dijalankan.
Tag : MATA KULIAH
0 Komentar untuk "PEMROGRAMAN ANDROID"

INFO NEWS UPDATE

loading...
Back To Top