Blog Tentang Informasi Tutorial Desain Web Dan Info Terkini

KLASIFIKASI SOFTWARE PERANGKAT LUNAK

Label: Klasifikasi Software ( Perangkat lunak )
Pengertian \”SOFTWARE\” adalah : Perangkat lunak yang memungkinkan komputer mengerjakan hal – hal yang bersipat khusus, sesuai dengan kebutuhan kita. Perangkat lunak ada 2 Jenis yaitu perangkat lunak sistem ( utama ) dan perangkat lunak aplikasi ( tambahan ).

Perangkat lunak sistem ( utama )
perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.
Jenis – jenis sistem operasi komputer adalah :
DOS

Pengertian DOS
DOS adalah merupakan sistem operasi pertama Microsoft yang digunakan pada komputer-komputer versi lama. DOS merupakan sistem operasi dasar yang selalu ada pada sistem operasi Windows seakarang ini. Mungkin kini kita sudah jarang sekali menggunakan sistem operasi DOS karena sistem operasi Windows telah memiliki GUI (Graphical User Interface) yang sangat baik.
Kenapa dalam sebuah komputer membutuhkan sistem operasi? Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menjalankan sebuah komputer yang kita miliki. Tanpa sebuah sistem operasi komputer yang kita miliki tidak akan dapat ‘berbuat apa-apa’ atau sama juga merupakan benda mati yang tidak berguna. Sistem operasi mengatur segala sesuatu yang ada di dalam komputer, termasuk semua hardware yang ada, memori, harddisk dan lain-lainnya sehingga mereka dapat berkerja sama melakukan tugasnya.

Walaupun DOS meruapakan sistem operasi ‘kuno’ namun DOS sangat penting untuk kita pelajari. Dengan mempelajari DOS maka kita akan dapat menyelamatkan sistem komputer kita, terutama data-datanya jika suatu saat sistem operasi Windows kita mengalami masalah berat.
OS/2
OS / 2 dibuat pertama kali dengan tujuan untuk menggantikan sistem operasi DOS. Namun sistem ini jarang digunakan karena harganya lebih mahal dan pengembangannya lebih lambat bila dipandangkan dengan DOS. OS / 2 dibuat pertama kali dengan tujuan untuk menggantikan sistem operasi DOS. Namun sistem ini jarang digunakan karena harganya lebih mahal dan pengembangannya lebih lambat bila dipandangkan dengan DOS. OS / 2 dibuat pertama kali dengan tujuan untuk menggantikan sistem operasi DOS. Namun sistem ini jarang digunakan karena harganya lebih mahal dan pengembangannya lebih lambat bila dipandangkan dengan DOS.

UNIX

Pengertian Unix
UNIX berjalan di beragam komputer. Unix disebut Expert Friendly Operating System, karena menyediakan sangat banyak fasilitas yang dapat bekerja sama dan berbagi informasi secara terkendali yang disukai para pakar.
UNIX Merupakan salah satu sistem operasi yang populer untuk server saat ini. UNIX dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie sekitar tahun 1969 di AT&T Bell Laboratories. Pada mulanya sistem ini dikembangkan dalam bahasa assembly. Akan tetapi karena portabilitasnya rendah (sehingga sulit dikembangkan di sistem lain) maka Ritchie mengembangkan bahasa pemrograman baru yang disebut bahasa C (sekitar tahun 1973). Sistem UNIX kemudian berkembang di lingkungan perguruan tinggi dan mulailah muncul variant dari sistem UNIX ini. Varian yang utama adalah UNIX BSD dan UNIX System V.
Macintosh ( Mac OS )
Pengertian Macintosh
Nama dari komputer yang dibuat oleh Apple Komputer yang diperkenalkan pada tahun 1984. Macintosh merupakan pc komersial pertama yang tekenal untuk penggunaan GUI yang membuat penggunanya mudah berinteraksi dengan operating system dengan menggunakan mouse dan icon. Tampilan dari operating system Microsoft windows banyak mengambil bentuk dari tampilan Mac ( tampilan GUI pertama di keluarkan oleh xerox star workstation tahun 1981 ).
Semenjak 1984 telah banyak perbaikan dan pembaruan dari produk – produknya dan selain versi desktop telah dimuat juga versi laptop, Power PC, antara lain : Power Book, iMac, Ibook, eMac dan pada operating sistemnya sekarang ( bernama OS X ) telah di masukan suatu sistem kernel dari 

UNIX.

Linux
Pengertian Linux
linux adalah sebuah program open source yang gratis di bawah lisensi GNU, sistem operasi 32-64 bit, yang merupakan turunan dari Unix dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86), hingga prosesor RISC. Linux sebagai program open source yang gratis Salah satu yang membuat Linux terkenal adalah karena gratis. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.
Kebebasan yang paling penting dari Linux, terutama bagi programmer dan administrator jaringan, adalah kebebasan memperoleh kode sumber (source code) dan kebebasan untuk mengubahnya. Ini berimplikasi pada beberapa hal penting. Pertama keamanan, yang kedua dinamika.
Jika perangkat lunak komersial tidak memperkenankan Anda untuk mengetahui kode sumbenya maka Anda tidak akan pernah tahu apakah program yang Anda beli dari mereka itu aman atau tidak (sering disebut security by obscurity). Hidup Anda di tangan para vendor. Dan jika ada pemberitahuan tentang bug dari perangkat lunak komersial tersebut, seringkali sudah terlambat. Dengan Linux, Anda dapat meneliti kode sumbernya langsung, bersama dengan pengguna Linux lainnya. Berkembangnya pengguna Linux sebagai komunitas yang terbuka, membuat bug akan cepat diketahui, dan secepat itu pula para programmer akan memperbaiki programnya. Anda sendiri juga yang menentukan kode yang cocok sesuai dengan perangkat keras maupun kebutuhan dasar perangkat lunak lainnya untuk dapat diimplementasikan. Ibarat sebuah mobil, Anda bisa memodifikasi sesukanya, bahkan hingga mesin sekalipun, untuk memperoleh bentuk yang diinginkan.
Keterbukaan kode sumber juga memungkinkan sistem operasi berkembang dengan pesat. Jika sebuah program dengan sistem tertutup dan hanya dikembangkan oleh vendor tertentu, paling banyak sekitar seribu hingga lima ribu orang. Sedangkan Linux, dengan keterbukaan kode sumbernya, dikembangkan oleh sukarelawan seluruh dunia. Bug lebih cepat diketahui dan program penambalnya (patch) lebih cepat tersedia. Pendekatan pengembangan sistem operasi ini disebut Bazaar. Kebalikannya sistem Chatedraal sangat tertutup dan hanya berpusat pada satu atau dua pengembang saja.

Novel Netware

Pengertian Novel Netware
Sistem operasi jaringan yang dikeluarkan oleh Novel Inc. Sistem operasi ini digunakan untuk lingkungan IBM PC Compatible.
Symbian
Pengertian Symbian :
Symbian OS itu adalah salah satu nama sistem operasi yang digunakan di ponsel.Seperti yang kita ketahui berdasarkan softwarenya ponsel di bagi 2 yaitu pakai OS dan tanpa OS (OS bawaan pabrik)Dengan adanya OS di ponsel maka sudah dibilang smartphone karena bisa ditambahkan aplikasi pihak ketiga. Misalkan Nokia 6600 dengan OS Symbian yang durasi maksimal recoder videonya hanya 3 menit maka dengan install aplikasi pihak ketiga maka bisa rekam sesuai dengan memori yang tersisa.OS ponsel ada 3 macam yaitu Symbian, Windows Mobile dan Linux.Symbian banyak digunakan pada ponsel Nokia (Series 60), SE (P Series), Panasonic (A700), dllWindows banyak digunakan oleh O2 (XDA, Mini, XPhone), MotorolaKalau Linux juga dipakai oleh motorola (E680/E680i)

Microsoft Windows

Jenis – jenis Sistem Operasi Windows
1. Windows 1.0 – Windows 1.04 (1985-1987)Windows 1.0 pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 tepatnya bulan November pada saat itu windows 1.0 dijual dengan harga U$100. Windows 1.0 mempersembahkan jendera berbaris (tiled windows) dan interaksi pengguna pada komputer menggunakan grafik (Graphical User Interface atau GUI).
2. Windows 2.0 (1987)Dirilis pada tanggal 1 Desember 1987, pada versi ini terdapat teknologi implementasi pada window agar dapat di-minimize, maximize. Windows 2.0 mengambil keuntungan dari kecepatan prosesnya prosesor Intel 286. Window 2.0 saat itu dijual dengan harga U$100.
3. Windows 3.0 (1990)Rilis terbesar ketiga dari platform Windows dari Microsoft, memberikan peningkatan kemampuan, dan grafik dengan 16 warna, dan dukungan penuh dari prosesor intel 386. Popularitas Windows 3.0 berkembang pesat ketika dirilisnya Windows Software Development Kit (SDK), yang membantu para developer memfokuskan dirinya pada penulisan aplikasi dan tidak pada penulisan driver.
4. Windows NT 3.1 (1992)Pada awal tahun 1992 Windows 3.0 dikembangkan lagi menjadi Windows 3.1 perkembangan Windows ini tidak sia-sia, karena dalam waktu dua bulan pertama penjualan Windows 3.1 terjual sampai 1 juta copy. Sampai pada tahun 1993 pengguna Windows 3.1 yang legal tercatat setidaknya kurang lebih 25 juta pengguna.
5. Windows for Workgroups 3.11 (1993)Sebuah set dari Windows 3.1, Windows 3.11 menambahkan jaringan di antara beberapa komputer atau peer-to-peer. Dan juga memiliki dukungan jaringan pada sebuah domain.
6. Windows NT Workstation 3.5 (1994)Windows NT Workstation memberikan proteksi tertinggi untuk pengguna bisnis aplikasi dan data. Dengan dukungan standar grafis OpenGL, sistem operasi ini memberikan kekuatan dalam pengembangan aplikasi untuk perkembangan software, perindustrian, penelitian, dan produk-produk bisnis. Windows NT Workstation 3.5 menawarkan perkembangan kehandalan pada produktivitas 32-bit, dan dapat menampung nama file hingga 256 huruf.
7. Windows 95 (1995)Windows 95 dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. System Operasi ini berbasiskan system 32 bit yang benar-benar mendukung multi tasking, system file yang lebih maju, threading, networking, dll. Versi 95 ini juga termasuk tinjauan kembali secara menyeluruh di bidang interfacenya.
8. Windows NT Workstation 4.0 (1996)Upgrade yang ditujukan pada sistem operasi desktop kelas bisnis ini memberikan kemudahan penggunaan dan pengaturan yang lebih sederhana, keluaran jaringan yang lebih besar, dan alat untuk pengembangan dan mengatur intranet. Windows NT Workstation 4.0 termasuk juga didalamnya berupa tampilan Windows 95 dengan peningkatan pada jaringan untuk lebih mudah dan lebih aman dalam mengakses internet dan intranet.
9. Windows 98 (1998)Windows 98 adalah upgrade dari Windows 95. Seperti yang dideskripsikan sebagai sistem operasi, “Works Better, Plays Better,” Windows 98 adalah versi windows pertama yang didesain secara spesifik untuk konsumen.
10. Windows 98 Second Edition (1999)Windows 98 SE, sebagaimana namanya adalah terdapatnya update penting pada Windows 98. Dan juga menawarkan beberapa jenis kompabilitas hardware dan persembahan internet.
11. Windows Millennium Edition (Windows Me) (2000)Didesain untuk pengguna komputer rumahan, Windows Me menawarkan banyaknya musik, video, dan jaringan rumah untuk peningkatan reabilitas. Sebagai contoh, untuk membantu pelanggan memperbaiki sistem mereka, sistem restore dapat memundurkan perkembangan sistem sebelum adanya masalah.
12. Windows 2000 Profesional (2000)Lebih dari hanya sekedar update, pada Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 Professional juga didesain untuk menggantikan Windows 95, Windows 98 dan Windows NT Workstation 4.0 pada semua desktop bisnis dan laptops. Dibangun dari kode dasar Windows NT 4.0, Windows 2000. menambahkan perkembangan yang sangat besar pada reabilitas, kemudahan, dan dukungan komputansi mobile.
13. Windows XP (2001)Pada “XP” yang akan dipelajari pada buku ini, disingkat dari kata “experience”, atau pengalaman, mensimbolisasikan inovatifitas pengalaman yang Windows tawarkan untuk para pengguna PC. Dengan Windows XP, pengguna rumahan dapat menikmati musik, video, pesan, dan foto dengan komputer mereka, ketika pengguna bisnis dapat bekerja lebih cepat dan lebih pintar, berterima kasih pada teknologi dukungan teknis, dan sebuah tampilan yang segar, yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dikerjakan.
14. WINDOWS 2003 SERVER (2004)Windows 2003 server tergolong produk baru dari microsof dalam hal menggunakan sistem operasi ini, kebutuhan minimal harus diketahui terlebih dahulu karena jika ada ketidaksesuaian dapat mempengaruhi performa dari server.
15. Windows VISTA (2006)Dengan codename Longhorn, Windows ini dikembangkan dan melewati tahap beta kedua pada akhir 2005, dan akan dirilis versi final pada pertengahan bahkan akhir 2006 tepatnya pada 30 November 2006 telah diluncurkan semua versinya.
Perangkat lunak aplikasi ( tambahan )
Software tambahan di golongkan menurut jenis kebutuhannya :
Pengolah Kata :
Power point : aplikasi yang digunakan untuk membantu proses persentasi. Dengan manggunakan power point anda dapat mambuat proses presentasi memiliki tampilan yang cantik, unik dan menarik. Sebelum dapat membuat persentasi dengan power point, anda harus telebih dahulu menjalankan aplikasi power point.
Outlook : program untuk mengatur dan mengelola email. Ketika anda menerima sebuah email dari sebuah account sebuah email server, maka secara otomatis sebuah email tersebut akan pindah kedalam inbox program outlook expess.
Access : program yang dalam operasionalnya melibatkan basis data ( data base )
Excel : program pengolahan data bertipe numberik. Untuk menghitung budget
Visio : program untuk pembuatan sketsa
Word ; program pengolah kata ,untuk pembuatan document atau laporan berbasis text
Adobe acrobat reader : program gratisan yang dikembangkan oleh perusahaan adobe untuk membuka file – file yang berektension PDF.
Multimedia :
Power DVD : program yang digunakan untuk membuka file – file aplikasi video terutama untuk file – file DVD. Namun player ini dapat membuka file lainnya dengan format seperti dat, mpg, mov dll.
Winamp : program pemutar mp3
Super MP3 Record : program untuk merekam suara ke bentuk file mp3
Super Video Splitter : program untuk memotong – motong file video. Program ini support terhadap jenis file avi, mpeg, asf dan juga wmv dan sangat mudah digunakan
MP3 Sound Cutter : program mp3 untuk memotong mp3 yang bertujuan untuk mengambil intronya saja
Magix movie Edit pro 2005 : program untuk mengedit video, movie, foto, dan audio untuk pembuatan iklan, film, dan lain – lain
Jet audio : program untuk membuka file – file multimedia seperti mp3, avi, mov, dat, dll
Utility :
PowerQuest Partition Magic : program utility untuk menghapus, membuat, membagi atau menkonversi system file dalam hardisk anda tanpa merusak data yang telah ada. Software ini akan membuat hardisk anda labih efisien dan maningkatkan ke amanan
WINRAR : program yang berguna untuk menekan ukuran file ( kompres )
Window Washer : program untuk membersihkan data – data sementara pada hardisk, sehingga ruang kosong hardisk bertambah
Transtool : program asli buatan Indonesia. Program penterjemah 2 bahasa dari Indonesia ke English atau dari English ke Indonesia
Nero : program untuk membakar ( memburning ) sebuah cd / dvd baik berupa data, file maupun video dan audio
Advanced Archieve Recovery : Progrma yang dapat membuka file – file berekstensi ZIP atau rar yang terproteksi oleh password
Alcohol 120% rogram membakar di gunakan untuk memburn cd / dvd yang terproteksi
Gravis :
Adobe photoshop cs : merupakan program image editing terbaik saat ini, ratusan efek serta plugin pada program adobe photoshop cs membuat program ini banyak diminati oleh desain gravis, fotograper dan produsen gravis.
Adobe Page maker : merupakan program adobe untuk membantu membuat halaman – halaman pada media cetak, banyak di gunakan industri percetakan dan penerbit untuk membuat halaman buku, tabloid, Koran, majalah, dll
Corel 12 : program ini sangat popular dan banyak digunakan dalam dunia desain gravis. Corel 12 tampil lebih inovatif disbanding dengan versi – versi sebelumnya, dengan tidak menghilangkan fitur – fitur halamannya. Anda yang terbiasa dengan corel versi sebelumnya tidak akan mengalami banyak masalah jika beralih ke 12 ini. Corel 12 adalah program sangat baik untuk desain gravis, mengedit photo, membuat layout halaman dan animasi vector.
Tag : MATA KULIAH
0 Komentar untuk "KLASIFIKASI SOFTWARE PERANGKAT LUNAK"

INFO NEWS UPDATE

loading...
Back To Top