Blog Tentang Informasi Tutorial Desain Web Dan Info Terkini

Cara bikin template di blogspot by iyonspika

mau bikin template yg dr HTML ato yang udah tersedia di blogspotnya???



klo mau dari kode HTML gini neehh...



Pertama, buka notepad dan ketik kode berikut :





Hello world!



Sekarang simpan dengan nama “halaman1.html”. Untuk browse file html, buka windows explorer dan double click filenya. Kamu akan melihat halaman web pertama kamu di web browser.



dan disebut tag. Tag pertama adalah tag awal dan yang kedua adalah tag akhir. Tag mirip seperti commands pada bahasa pemrograman. Tag memberitahu browser kalau ini adalah permulaan HTML dan adalah tanda akhir HTML.



Kode header html

Setiap halaman html harus mempunyai sebuah header. Header mengandung informasi penting tentang halaman. Untuk setiap bagian header diperlukan tag yang berbeda. Header sebuah halaman ditulis dengan bentuk tag : dan .









Informasi header harus dimasukkan diantara tag .



Title html

Salah satu bagian yang terpenting dari header adalah title. Title adalah teks yang muncul di title bar pada browser. Jadi dokumen html akan tampak seperti berikut :





Title halaman



Body html

Sekarang halaman web kita membutuhkan body yang akan berisi content halaman web. Kamu pasti sudah bisa menduga tag yang akan dipakai. Yap ! kita akan memakai tag :

Body harus berada setelah akhir tag header. Jadi halaman web kita akan tampak seperti ini :





Website PT. Antah Berantah



Selamat datang di website kami…….. dst.

Sekarang tulis kode html di atas dengan notepad dan simpan dengan nama “halaman2.html”. Lalu lihat dengan browser dengan cara men-double click filenya di **legal copy** of windows explorer.



Warna background halaman web

Untuk merubah warga background halaman web kamu bisa digunakan tag berikut :





Halaman dengan background berwarna



Halaman dengan background berwarna hijau

Kode di atas akan merubah warna background menjadi hijau. Format penomoran warna adalah RRGGBB. Setiap warna adalah kombinasi dari tiga warna utama : Red, Green dan Blue. Pada format warna, RR adalah nilai hexadesimal warna merah, GG adalah nilai hexadesimal warna hijau, dan BB adalah nilai hexadesimal warna biru.

Dua digit nilai hexadesimal dapat bervariasi antara 00 sampai FF, atau 0 sampai 255 pada format desimal. Jadi, jika kita menuliskan 00FF00 artinya adalah (red=0, green=255, blue=0), sehingga hasilnya adalah warna hijau terang. Dengan metode penulisan ini dapat dihasilkan 16 juta warna.



Gambar Background

Kita dapat memakai sebuah gambar background pada halaman web untuk menggantikan background warna. Kamu harus punya image file dalam format .gif atau .jpg. Sebagai contoh, bila kita ingin memakai file “image1.tif” sebagai background halaman, maka tag harus ditulis sebagai berikut :





Halaman dengan gambar background



Halaman dengan gambar background

File gambar harus berada pada folder yang sama dengan file html. Kalau tidak, browser tidak akan bisa menampilkannya.

Pelajaran 2



Format Text

Pada pelajaran 1 kamu telah belajar menulis teks sederhana pada halaman web. Selanjutnya kamu akan mempelajari bagaimana teknik memformat teks. Bagian ini adalah yang terpenting dari teknik mendesain halaman web. Jadi, kamu harus mempelajarinya dengan hati-hati.



Merubah style text

Kita dapat membuat teks bold, italic, atau underline. Jika kamu ingin membuat text bold, kamu harus menulisnya didalam tag .



Ini sangat penting

Pada teks di atas, kata “penting” diformat bold. Kamu dapat membuat teks italic dengan menulisnya di dalam tag : . Dan kamu dapat membuat text underlined dengan menulisnya di dalam tag .

Contoh :





Contoh 1, Pelajaran 2



Ini teks bold


Yang ini italic


Dan yang ini underlined


Lihat yang ini, bold dan italic

Pada contoh di atas, kamu dapat melihat bahwa format teks bisa dikombinasikan antara yang bold dan italic atau kombinasi lain. Kamu mungkin melihat tag
pada setiap akhir baris. Fungsinya adalah untuk menggantikan enter. Jika kamu menekan enter pada setiap akhir baris dengan harapan barisnya akan berganti, kamu akan kecewa karena semua baris akan ditampilkan pada satu baris, tidak peduli apakah pada kode html dia ditulis pada baris yang berbeda.

Untuk berganti baris, harus dimasukkan tag
pada akhir baris seperti contoh di atas. Yang harus kamu perhatikan adalah untuk tag
tidak ada endingnya.



Nested Tags (tag bersarang)

Pada bagian sebelumnya, kita melihat adanya baris dengan kode nested tags.

Lihat yang ini, bold dan italic
0 Komentar untuk "Cara bikin template di blogspot by iyonspika"

INFO NEWS UPDATE

loading...
Back To Top